Kehidupan di Mango Street







Judul Buku    : The House on Mango Street
Penulis          : Sandra Cisneros
Tahun Terbit  : 2009 (first published 1984)
Halaman        : 110 hlm.

"It is the story of a young Latina girl growing up in Chicago, inventing for herself who and what she will become" - Goodreads


Buku The House on Mango Street ini pertama kali saya dalam bahasa Inggris. Sebagian besar isi buku tersebut berisi kisah-kisah pendek karya Sandra Cisneros yang patut diacungkan jempol. The House on Mango Street ini bercerita tentang kehidupan seorang gadis Latin yang tinggal di Chicago, Esperanza. Dalam buku ini diceritakan bagaimana Esperanza menjalani hari-harinya. Tentang bagaimana keluarga Esperanza bisa tinggal di Mango Street, tentang keluarga dan kehidupan sekitar lingkungan rumah Esperanza, tentang gaya hidup dan pertemanannya, serta cerita tentang mimpi-mimpi Esperanza untuk mendapat rumah yang lebih layak.


Buku The House on Mango Street sendiri sangat ringan namun tetap menyentuh hati. Ada kisah sedih seperti bagaimana ia dikhianti Sally, atau kisah bahagia dan menyenangkan tentang kehidupan bersama Rachel dan Lucy. Terlebih lagi buku ini menjadi contoh yang bagus bagi perkembangan sastra Amerika Latin karena berisi tentang budaya-budaya Latin dan memberi jalan bagi para penulis Latin untuk mendapat pujian di dunia novel. Nilai tambah lainnya adalah buku ini dapat dibaca oleh berbagai umur dan juga bahasanya yang sangat mudah dimengerti. Apabila kamu seorang pemula yang mau membaca buku berbahasa Inggris, buku ini cocok untuk menjadi buku bimbingan kalian. Kekurangan buku ini menurut saya ceritanya bisa lebih dikembangkan lagi dengan beberapa halaman tambahan agar mendapat akhir yang sempurna.

Komentar